Saturday 7 April 2012

Konfirmasi Tentang Pembuatan Buku Gue

Banyak yang gak percaya kalo gue pengen bikin buku. Keliatan dari tampang gue yang emang bukan tampang penulis melainkan tampang gue kaya kenek metro mini.

Gini ya, emang sekarang buku yang mau gue buat ini baru dapet 1 bab. Itupun masih harus dimasukin lagi unsur komedinya. Karna gue mau bikin novel komedi. Waktu itu udah sempet gue suruh temen gue baca, dan dia berhasil ketawa. Gue nyengir. Tapi pas gue baca-baca lagi, kebanyakan set-up-nya di bandingin punch-nya. Buat yang gak ngerti, gue jelasin deh nih apa itu set-up dan punch.

Cara gue membuat buku gue ini pake teori Stand Up Comedy. Dalam membuat naskah buat Stand Up Comedy, banyak teori yang di pake. Salah duanya set-up dan punch. Nah, gue pikir gue kan mau buat buku gue ini berkategori komedi. Kenapa gak gue pake aja teori Stand Up Comedy. Karna gue cuma ngertinya 2 teori itu makanya gue jelasin dikit disini.

Set-Up

Set-up adalah bagian yang gak lucu di suatu komedi. Ini tuh bisa diibaratin kalo misalkan lo mau main twitter harus log-in dulu. Ngerti kan?

Punch

Kalo ini adalah unsur yang HARUS sebisa mungkin ngebuat pembaca lo ketawa ngakak. Punch ini dilakuin setelah set-up.

Ngerti gak?

Gini deh, kalo masih gak ngerti juga, gue kasih contohnya gimana jadinya kalo set-up dan punch digabungin:

Set-Up:
Doni memetik bunga mawar yang ada di taman sekolah. Setelah itu Doni langsung menghampiri Desi di kantin. Tanpa rasa malu, Doni jongkok di samping mawar yang sedang makan bakso dan berkata "Kamu mau gak jadi pacar aku?"

Punch:
Desi kaget mendengar perkataan Doni, karna awalnya emang Desi gak suka sama mawar Desi pun berkata "Aku mau jadi pacar kamu, tapi kamu harus loncat dari lantai 3 dulu ya? Mau gak?"

Mudah-mudahan contoh yang gue bikin itu lucu. Hehe

Lanjut lagi soal buku gue.

Gue emang gak pinter bikin orang ketawa. Apalagi dalam bentuk tulisan. Tapi buat temen-temen gue yang gak percaya, tunggu buku gue terbit!

Karna sekarang gue lagi sibuk-sibuknya mikirin UN jadi gue vakum nulis dulu. Kalo semua udah selesai gue lanjut nulis lagi. Bisa diperkirakan kalo buku gue jadi, mungkin bakal terbit kalo gue udah nginjek SMA.

Tapi, impian gue nih kalo buku gue jadi, gue mau kasih buku gue itu ke 10 orang temen SMP gue yang baik-baik sama gue. Dan buat sodara-sodara gue yang sering ngatain gue "Penulis Gagal". Hahaha

"Ghiffaarrrrrrrr Belajarrrrrrr jangan ngeblog mulu!!!!!!!!!!"

Nyokap gue udah teriak tuh. Sampe sini dulu ya postingan gue. Bye.

No comments:

Post a Comment